Cerita Andrea Ramadhan, Pilot Drone Cirebon Terbang ke Puncak Gunung Semeru Pasca Erupsi

Cerita Andrea Ramadhan, Pilot Drone Cirebon Terbang ke Puncak Gunung Semeru Pasca Erupsi

CIREBON - Pilot drone asal Cirebon, Andrea Ramadhan berhasil mendokumentasikan kawah Gunung Semeru sebelum dan pasca erupsi. Video tersebut bahkan viral di media sosial.

Sedikitnya Andrea telah mengabadikan 7 video menggunakan pesawat tanpa awak, bahkan sebelum Gunung Semeru meletus.

Video unggahan lelaki kelahiran Cirebon tahun 1991 itu, telah disaksikan hingga 4,7 juta kali. Tidak kalah fenomenal, adalah video kawah Semeru pasca erupsi.

Penerbangan itu dilakukan dari base Ampelgading Malang, Jawa Timur, yang berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut.

Namun, penerbangan tersebut tak selamanya lancar. Drone jenis FPV yang digunakan sempat crash saat dimintai bantuan oleh warga setempat.

Saat diwawancarai radarcirebon.com, Andrea mengaku, setiap gunung memiliki keunikan masing-masing untuk diterbangi.

\"Semua gunung punya keunikan masing-masing,\" kata Andrea, saat dihubungi Jumat malam (17/12/2021).

\"\"

Menurutnya video Gunung Semeru menjadi kesan tersendiri. Selain berhasil menerbangi gunung tersebut, unggahannya disaksikan jutaan orang.

Sementara itu, terkait drone yang sempat crash, Andrea mengaku, mulanya dimintai bantuan oleh Tim SAR. Saat itu, ada penambang pasir yang ingin mengecek langsung ke lokasi.

Namun, karena situasi yang belum aman, mereka tidak diperbolehkan. Karenanya, penggunaan drone menjadi solusi untuk melihat keadaan lokasi.

Sejauh ini, Andrea mengaku sebatas hobi menerbangkan drone. Meski beberapa kali dipanggil atau endorse tempat wisata.

\"Awalnya saya memang bikin video-video tempat wisata Kuningan dan Majalengka. Tapi rasanya kurang menantang. Jadi muncul ide untuk ngedrone ke puncak Ciremai dan ternyata berhasil,\" tuturnya.

Sejauh ini, sudah beberapa gunung yang didaki Andrea menggunakan drone. Ke depan, dia menginginkan lebih banyak lagi video-video pendakian menggunakan perangkat tersebut. (yud)

https://m.youtube.com/watch?v=eWYWCsP5d70

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: